Manfaat Minum Kopi

Kopi merupakan minuman yang sangat terkenal di kalangan masyarakat, baik masyarakat kalangan bawah maupun masyarakat kalangan menengah ke atas. Kenyataannya kopi bisa di perjual belikan dimana-mana, dalam bentuk kopi kemasan yang di perjualbelikan di supermarket, agen, warung, dsb. Jika dalam bentuk minuman, kita bisa membelinya di kedai kopi, warung makan, dsb.

Biasanya mereka meminum kopi karena alasan agar tidak mengantuk atau sebagai minuman wajib yang harus di konsumsi tiga kali sehari, sama halnya seperti pentingnya makan pagi, siang dan malam. Sehari tidak minum kopi, kepala terasa pusing dan tidak dapat bekerja dengan semangat. Selain itu, minum kopi tanpa cemilan atau makanan ringan juga rasanya kurang lengkap. Namun sebagian besar masyarakat yang menggemari kopi beranggapan bahwa meminum kopi harus  di barengi dengan merokok. Itu semua tergantung dari pribadi dan kebiasaan masing-masing.

Menurut survey yang dapat dipercaya, ada beberapa penjelasan dan manfaat meminum kopi yaitu :

¯  Delapan puluh persen orang dewasa di dunia minum kopi sedikitnya sekali sehari. Baru dua minggu yang lalu saya mulai menggemari kopi setelah membaca dari manfaat meminum kopi.

¯  Kafein yang terkandung didalam kopi adalah zat kimia yang berasal dari tanaman yang dapat menstimulasi otak dan sistem saraf. Kafein tergolong jenis alkaloid yang juga dikenal sebagai trimetilsantin. Selain pada kopi, kafein juga banyak ditemukan dalam minuman teh, cola, coklat, minuman berenergi (energy drink), cokelat, maupun obat-obatan.

¯  Kafein membantu Anda untuk dapat berpikir lebih cepat. Cobalah mengkonsumsi kopi atau teh 15 menit atau 30 menit sebelum Anda melakukan wawancara pekerjaan atau memberikan presentasi pada atasan. Hasilnya mungkin akan cukup memuaskan, karena kafein yang terdapat pada kopi atau teh terbukti mampu memberikan ’sinyal’ pada otak untuk lebih cepat merespon dan mengolah memori pada otak.

¯  Kafein mencegah gigi berlubang. Cobalah untuk meminum secangkir kopi hangat atau teh hangat sesaat setelah Anda mengkonsumsi kue coklat, permen dan roti. Joe Vinson, Ph.D., dari University of Scranton menjelaskan bahwa kafein yang terdapat dalam minuman ini ternyata mampu memberantas bakteri penyebab gigi berlubang.

¯  Kafein dapat mengurangi sakit kepala. Penelitian menemukan kafein yang terdapat dalam kopi atau teh dapat mengobati sakit kepala. Menurut Seimur Diamond, M.D., dari Chicago’s Diamond Headache Clinic. Penderita migrain dalam kategori ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi pekat atau secangkir black tea. Jadi, sebelum mengkonsumsi obat-obatan sebaiknya mencoba untuk menyembuhkan sakit kepala Anda dengan minuman yang mengandung kafein.

¯  Kafein bisa melegakan napas bagi penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru-paru.

¯  Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah, dapat melakukan aktifitas fisik lebih lama, di perkirakan karena kafein membuat “bahan bakar” yang dipakai otot lebih lama.

¯  Kafein dapat meningkatkan rasa gembira, membuat Anda merasa lebih segar dan bersemangat.

¯  Perempuan yang minum dua cangkir kopi atau lebih per hari dapat mengurangi risiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis).

¯  Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaganya, rangsangan, mood dan konsentrasi. Penelitian di Universitas Arizona ditemukan bahwa orang dewasa yang minum kopi sebelum tes memori menunjukkan perkembangan yang signifikan dibanding mereka yang minum kopi tanpa kafein.

¯  Kafein dapat mencegah radikal bebas dan menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA. Kafein juga melindungi jantung dan kanker.

¯  Dapat mengurangi risiko diabetes. Seseorang yang minum kopi lebih dari enam cangkir sehari berisiko rendah terserang diabetes dibanding dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali. Demikian kesimpulan sebuah riset skala besar yang dilakukan pada 80 ribu orang selama 18 tahun di USA. Parkinson jarang ditemukan pada orang yang minum kopi secara teratur. Sebuah riset menyimpulkan penyakit ini justru ditemukan pada pria yang tidak minum kopi tiga kali lebih banyak daripada pria penikmat kopi.

¯  Minum kopi membuat sperma “berenang” lebih cepat dan mampu meningkatkan kesuburan pria. Hal ini diumumkan para ilmuwan Brasil dalam pertemuan “American Society for Reproductive Medicine” di San Antonio, dimana pembicaraan utama membahas tentang  efek obat-obatan terhadap kesuburan kaum pria.

Ternyata banyak sekali manfaat dari kopi. Dan baru 2 minggu yang lalu, saya mulai menggemari minum kopi. Rasanya memang benar-benar nikmat dan cocok sekali untuk bergadang sampai pagi karena sibuk mengerjakan tugas, browsing, chatting ataupun main games di laptop. Jadi bagi Anda yang tidak suka minum kopi, akan menyesal jika belum membaca artikel ini.

Sumber :

http://kopimesin.blogspot.com/2008/07/manfaat-kopi-dari-berbagai-sumber.html

Diposkan oleh Rizka Karunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s