Definisi pada Karikatur Pertama

Definisi pada karikatur diatas yaitu mengenai 2 golongan remaja yang diberi pendidikan secara dipaksa untuk mengikuti peraturan yang berlaku dan diberi kebebasan untuk berkreatifitas.

Pada kasus yang pertama mengenai pendidikan secara dipaksa. Pada umumnya orang tua selalu menginginkan anaknya menjadi pribadi yang baik dan menjadi orang sukses di masa depan. Namun ada sebagian orang tua yang mengira bahwa mendidik atau mengajarkan suatu hal dengan  dipaksa dan diatur secara ketat maka anaknya akan mengikuti seluruh keinginan orang tua. Tanpa sadar, mereka telah membuat anak remajanya menjadi pribadi yang takut dalam mengambil keputusan, tidak memiliki kreatifitas dan juga kaku atau kurang pergaulan dengan remaja yang lainnya.

Pada kasus yag kedua mengenai pendidikan yang diberi kebebasan.  Kebebasan dalam hal ini bukanlah mengenai suatu hal yang bersifat negatif tetapi yang bersifat positif. Para remaja pada dasarnya masih bersifat labil dan selalu ingin melakukan suatu hal baru. Sebaiknya para orang tua memberikan kebebasan pada anak remajanya untuk melakukan suatu hal apapun yang mereka senangi namun masih dalam pengawasan. Jika mereka diberi kepercayaan oleh orang tua masing-masing, biasanya mereka akan berusaha untuk memegang teguh kepercayaan yang telah diberikan. Kebanyakan dari remaja tersebut akan menjadi pribadi yang berani dalam mengambil keputusan, memiliki kreatifitas yang unik dan berdampak baik bagi diri mereka sendiri dan orang lain, dan juga memiliki kepercayaan diri yang besar sehingga dapat memperluas wawasan dengan seringnya bertemu dengan orang-orang baru dan berpengalaman.

One thought on “Definisi pada Karikatur Pertama

  1. saya setuju dengan pa yang d maksud,, bleh saja bebas.
    tp ada batasannya.
    begitu pula kekerasan peraturan orang tua , ketat peraturan, dan pendidikan paksa.
    semua ada batasannya.
    orang tua harus mengerti perasaan anak.
    begitu juga sebaliknya. anak harus tau pa keinginan orang tua….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s